Senin, 01 Juni 2009

Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang.
Karena semakin berkembangnya teknologi yang ada saat ini, maka terjadi pula modernisasi pada segala aspek terutama dalam hal pendidikan yang melingkupi pembelajaran. Dengan adanya komputerisasi belajar menjadi sangat mudah dan menyenangkan.
Didalam program ini berisikan berbagai macam soal-soal sertifikasi yang terbagi menjadi dua bagian yaitu mode pembelajaran dimana user dapat menentukan soal-soal sesuai dengan kebutuhan dan topik yang diinginkan, disamping itu juga tersedia jawaban soal beserta referensinya. Sedangkan dibagian yang lain terdapat mode sertifikasi dimana mode ini merupakan simulasi dari ujian sertifikasi yang sesungguhnya.
Dengan memperhatikan hal tersebut diatas, kami memutuskan untuk membuat sebuah rancangan Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle (e-Learning) yang sangat berguna bagi para mahasiswa maupun elemen masyarakat lain yang ingin mempelajari Oracle
.
1.2 Maksud dan Tujuan.
Maksud dan tujuan dari pembuatan Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle ini adalah :
1. Melengkapi tugas proyek Interaksi Manusia Komputer dengan tema E-Learning
2. Membuat materi yang memudahkan mahasiswa atau user lain untuk mempelajari Oracle.
3. Mengetahui sejauh mana kemampuan seseorang dalam penguasaan Oracle

1.3 Proses Desain
Aliran Prosesnya yaitu :
1. Mengaplikasikan desain interface Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle (Aplikasi desktop).
2. Mendesain tampilan yang user friendly bagi yang ingin mempelajari Oracle

1.4. Analisis
Metode yang kami gunakan untuk mengevaluasi desain interface yang kami gunakan dalam pembuatan program interface Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle ini adalah Task Analysis. Dalam analisa dibawah ini kami akan menjelaskan mengenai:

1.4.1 User
Karena Aplikasi Simulasi Sertifikasi Oracle merupakan publik software yaitu aplikasi yang bisa dipakai oleh banyak orang tanpa login maka tidak mengenal batasan user. Setip user yang telah menggunakan aplikasi ini dapat mengecek hasil proses ujian dibagian history

1.4.2 Work Flow:
Main Menu. Terdiri dari menu bagian atas yaitu file dan help. Menu file terdapat simulator exam yaitu langsung ke form mode soal, dan menu exit untuk keluar. Sedangkan help terdapat help on help yaitu form help dan about untuk membuka form about. Selain itu terdapat juga tombol lanjut untuk ke form mode soal dan tombol keluar untuk keluar dari form.
Mode Soal. Terdiri dari 3 tombol yaitu :
1. Mode Pembelajaran : Pada mode ini anda bisa menentukan soal-soal sesuai dengan kebutuhan ujian. Pada mode ini juga anda menentukan soal berdasarkan topik, dan disamping itupun tersedia jawaban soal, untuk melihat referensi terhadap soal yang disajikan.
2. Mode Sertifikasi : Pada mode ini ditujukan untuk belajar ujian yang diatur dengan waktu serta fungsi untuk mendekati lingkungan ujian yang nyata. Dan pada mode ini untuk ketersediaan anda menghadapi ujian secara nyata. Pada mode ini tidak disertai jawaban, jawaban akan tersedia bila anda sudah menyelesaikan prosesb ujian.

3. Informasi Hasil Ujian : Bagian ini merupakan utility untuk melihat informasi nilai hasil ujian sebelumnya.

Test Objective. Form untuk setting untuk menentukan soal berdasrkan topik dan jumlah soal yang akan di pakai.

Menu Soal. Form untuk latihan baik pembelajaran maupun sertifikasi. Untuk sertifikasi tombol jawaban tidak dapat digunakan dan akan ada timer untuk tiap soal. Sedangkan untuk pembelajaran terdapat jawaban soal untuk membantu user mereview soal.

History Ujian. Form untuk menampilkan laporan hasil ujian user selama menggunakan aplikasi ini, terdapat juga tombol delete record untuk menghapus record ujian pada tanggal tertentu.

Review. Form tampilan setelah user menyelesaikan proses ujian, untuk melihat score.

Jawaban. Form untuk menampilkan jawaban saat user menggunakan mode pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar